Cara Mengatur Kontras Laptop dengan Baik

Ketika Anda bekerja menggunakan komputer, faktor kenyamanan dan ergonomisitas hampir mutlak diperlukan. Mengingat bekerja dengan komputer cukup menegangkan, terlebih lagi jika sedang menghadapi deadline. Salah satu kenyamanan berkomputer adalah kontras. Komputer portable atau laptop juga sama. Menggunakan laptop untuk mengejar deadline diperlukan kenyamanan kontras supaya mata Anda tetap terjaga sehat. Adapun cara mengatur kontras laptop perlu Anda ketahui supaya bekerja Anda menjadi lebih mudah, efisien, dan sehat.

Mengatur Brightness Laptop Melalui Control Panel

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur kontras cahaya laptop. Anda bisa menggunakan cara manual dengan setting sana-sini, atau menggunakan shortcut tombol yang bisa dicari melalui tombol keyboard. Adapun cara mengatur kontras laptop melalui setting manual adalah sebagai berikut:

1. Klik start lalu ke control panel

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan klik tombol start pada pojok kiri bawah. Selanjutnya carilah “control panel”. Dalam control panel ini terdapat banyak tombol dan fungsi untuk mengatur apapun yang Anda perlukan guna memperoleh kenyamanan bekerja menggunakan laptop, salah satunya adalah cara mengatur kontras laptop.

2. Pilih hardware and sound

Jika sudah masuk ke control panel, Anda akan disuguhi tampilan beberapa pilihan. Carilah tulisan “hardware and sound” yang berada pada baris ke tiga di sebelah kiri. Klik bagian tersebut. Selain itu, ada beberapa pilihan pengaturan diantaranya system and security untuk mengatur password login ke laptop Anda sebagai pembuat privasi, kemudian appearance and personalization sebagai pengaturan tampilan memperindah laptop Anda dengan berbagai tema.

3. Pilih power option

Setelah Anda masuk ke “hardware and sound”, selanjutnya pilih “power option” pada baris ke empat dibawah sound, dengan simbol baterai. Pada opsi power option terdapat beberapa pilihan pengaturan diantaranya baterai setting, password, dan juga adjust screen brightness. Klik pada tombol “adjust screen brightness”.

4. Pilih adjust screen brightness

Cara mengatur kontras laptop dimulai dari sini. Setelah Anda pilih “adjust screen brightness”, Anda akan diarahkan pada tampilan dimana ada judul “select power plan”. Selanjutnya Anda lihat pada bagian paling bawah, ada pengaturan bertuliskan “screen brightness”. Pada panel screen brightness inilah Anda dapat mengatur kontras laptop sesuai selera. Anda bisa menggeser ke kanan supaya lebih terang, atau ke kiri supaya lebih redup. Pastikan kontras cahaya laptop nyaman di mata Anda selama bekerja dalam waktu lama.
Itulah cara mengatur kontras laptop melalui control panel. Pada banyak laptop, ada tombol di keyboard yang bisa langsung mengatur kontras pencahayaan laptop, yaitu melalui kombinasi fungsi (fn) dan num pada (tombol angka). Selain kontras, Anda juga bisa mengatur besar kecilnya suara baik melalui control panel ataupun tombol keyboard. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel