Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim dengan Mudah

Beberapa keluarga mungkin mendapatkan diri mereka dalam kondisi finansial rumah tangga yang baik. Namun tidak jarang ada yang hidup dalam kondisi pas-pasan dimana penghasilan hanya dapat untuk memenuhi kebutuhan hidup harian, tidak lebih. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim dalam hal ini menjadi pengetahuan yang mutlak diperlukan jika ingin sedikit merubah hidup menjadi lebih baik. Tidak jarang keluarga dengan penghasilan pokok yang minim juga mencari pekerjaan sampingan untuk menggenapi kebutuhan hidup lainya.

cara mengatur keuangan rumah tangga agar hemat,cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta,cara mengatur keuangan rumah tangga secara islami,
Baca juga : Kontras Laptop

Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

Cara mengatur keuangan dengan gaji minim bisa dilakukan dengan beberapa hal. Namun awalnya Anda harus tahu terlebih dahulu profil finansial secara keseluruhan. Bagaimana Anda mendapatkan uang dan berapa banyak jumlahnya, itulah yang harus Anda atur dan kelola dengan baik. Adapun cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim bisa dilihat sebagai berikut:

1. Perencanaan keuangan

Perencanaan keuangan dalam mengelola gaji kecil menjadi dasar alokasi dana yang akan Anda gunakan di kemudian hari. Setelah Anda memetakan sumber dan jumlah penghasilan Anda, selanjutnya adalah menetapkan mana prioritas pengeluaran dan keinginan. Prioritas adalah hal pokok seperti kebutuhan makan, bayar tagihan, dan sewa kontrakan misalnya. Jika Anda belum punya tanggungan anak, akan sedikit lebih mudah karena Anda dan pasangan sudah sama-sama dewasa dalam berfikir dan menetapkan mana kebutuhan dan keinginan.

2. Sesuaikan gaya hidup

Setelah Anda menetapkan mana kebutuhan dan keinginan, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim adalah mulai hidup dengan alokasi dana yang secukupnya. Makanlah dengan seadanya dan tidak perlu menuruti hawa nafsu dengan makanan enak setiap hari. Jika dengan makanan sederhana Anda sudah bisa kenyang dan hidup, itu sudah cukup. Jika semua kebutuhan pokok sudah dialokasikan tanpa menuntut standar hidup terlalu tinggi, Anda akan mulai mengetahui bahwa sebenarnya hidup wajar tidak berlebihan itu murah. Dari sini akan ada sisa dana yang bisa Anda gunakan untuk menabung.

3. Tabungan dan investasi

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim selanjutnya adalah dengan menabung. Setelah Anda mendapatkan sisa dari alokasi kebutuhan pokok harian atau bulanan, Anda bisa menggunakan uang sisa tersebut untuk ditabung. Setelah Anda menabung, hasil tabungannya digunakan untuk berinvestasi. Menabung adalah menyimpan uang, sedangkan investasi adalah usaha untuk memperbanyak uang, itu singkatnya.
Demikianlah sedikit tips cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim. Anda bisa mulai mencoba dari yang paling sederhana, membuat perencanaan keuangan dan alokasi dana untuk kebutuhan pokok. Selanjutnya jika Anda mendapatkan sisa dana, tabunglah. Jika tidak, mulailah mencari pemasukan tambahan. Memang sedikit berat, tapi usaha di awal akan bermanfaat di kemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel