Cara Mengatur Warna Printer Agar Warna Sesuai Aslinya

Mencetak hasil gambar atau foto menggunakan printer sekarang semakin mudah, apalagi teknologi printer atau mesin cetak semakin baik. Namun kadang membutuhkan trik agar warna printer hasil cetakan benar-benar mirip dengan warna gambar yang ada di komputer. Cara mengatur warna printer agar sesuai dengan warna aslinya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Sebelumnya, pastikan bawa printer Anda dalam kondisi prima untuk menghasilkan warna-warna yang menakjubkan.
Masalah-masalah pada warna printer biasanya disebabkan oleh catridge yang tersumbat atau kering karena jarang digunakan. Jadi sebelum Anda menggunakan printer Anda cek dahulu kondisi printer tersebut. Untuk mengeceknya Anda bisa membuka dokumen kemudian masuk properties, lalu pilih maintenance kemudian pilih cleaning. Printer akan mencoba memperbaiki diri dengan menghembuskan tinta yang akan mengatasi sumbatan pada catridge. Setelah itu cobalah cek hasilnya dengan mengklik Nozzle check kemudian print check pattern. 

Lihat hasil print atau cetakan dan periksa bagaimana kualitas warnanya. Cara cek warna printer bisa dilanjutkan dengan klik deep cleaning kemudian klik Nozzle Check lagi untuk memastikan hasilnya. Lakukan cara ini beberapa kali sampai Anda mendapatkan hasil cetakan yang lebih baik. Apabila masih ada kendala, kemungkinan tinta warna maupun tinta hitam pada printer mungkin sudah habis. Silakan Anda ganti atau isi ulang dengan tinta original yang berkualitas. 

Apabila printer Anda telah bisa digunakan dengan baik, sekarang cara mengatur warna printer agar hasil cetak printer Anda sempurna adalah dengan mengkalibrasi warna pada komputer Anda. Kalibrasi warna bisa dilakukan dengan masuk screen resolution kemudian pilih make text and other items larger or smaller. Setelah itu, pilih calibrate color dan ikuti langkah selanjutnya. Jika kalibaris warna telah sukses silakan cek bagaimana warna pada dokumen Anda dan cetak dokumen untuk melihat ketajaman warna yang dihasilkan.

Sementara itu, jika Anda sekedar ingin mengatur warna printer misalnya agar foto berwarna bisa dicetak dengan hitam-putih saja, maka caranya sangat mudah. Anda cukup memilih pilihan grayscale printing dan centang, maka semua hasil cetakan printer Anda hanya akan berwarna hitam-putih saja. Caranya adalah buka dokumen, klik CTRL+P kemudian klik properties. Selanjutnya centang pilihan grayscale printing. Mudah bukan? Jadi tidak perlu mengubah dokumen berwarna menjadi hitam putih. 

Jadi, jika Anda ingin hasil cetakan printer yang akurat dengan warna-warna yang sesuai dengan aslinya, maka cara mengatur warna printer tidak sulit. Syaratnya cek dahulu performa printer Anda, apakah ada masalah atau tidak dalam menghasilkan warna-warna yang cemerlang. Apabila printer dalam kondisi prima, maka bila perlu lanjutkan dengan mengkalibrasi warna pada komputer Anda untuk menghasilkan warna yang lebih baik termasuk pada hasil cetakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel