Cara Setting Karburator Jupiter Z Biar Kenceng di Jalanan

Salah satu motor yang dipromosikan sebagai yang tercepat dijalanan adalah Jupiter Z dari Yamaha. Tetapi jika Anda merasa bahwa motor Jupiter Z yang dimiliki masih kurang kencang, maka pengaturan pada karburator dapat dilakukan. Karburator merupakan komponen sepeda motor yang memiliki fungsi untuk mengatur jumlah campuran udara dan bensin dalam pembakaran mesin. Dengan melakukan cara setting karburator Jupiter Z biar kenceng, maka Anda bisa memiliki sepeda motor yang paling keren di jalanan. Pengaturan tersebut dilakukan dengan cara: 

cara menyetel karburator jupiter z 2008,jupiter z 150cc buat harian,jupiter z kenceng buat harian,karburator jupiter z orisinil,karburator jupiter z racing,setting karbu jupiter z standar,
Baca juga : Modem ZTE
  • Menghidupkan mesin

Cara menyetel karburator Jupiter Z standar dimulai dengan menyalakan mesin sepeda motor. Mesin harus dibiarkan menyala dalam waktu antara 5 hingga 10 menit. Tujuan dilakukannya pemanasan ini adalah supaya temperatur kerja dari mesin tersebut menjadi stabil. Kondisi yang stabil ini sangat diperlukan pada saat setting karburator dilakukan. Selain itu dengan dilakukannya pemanasan dalam waktu yang cukup, maka oli akan mengalir dengan lancar, hingga melumasi seluruh bagian komponen mesin.
  • Memutar dan mengencangkan baut

Selanjutnya Anda harus memutar bagian dari baut untuk dapat melakukan penyetelan rpm. Putar baut tersebut hingga menjadi kencang. Dengan cara ini, maka bagian pemutar mesin akan semakin naik, dimana ditandai oleh suara yang semakin keras. Setelah itu, lakukan juga pengencangan baut dari karburator yang berfungsi untuk penyetelan udara. Hal ini akan membuat udara masuk menjadi terbatas. Akibatnya penyetelan mesin akan menjadi semakin turun.
  • Memutar kembali baut

Setelah baut yang berpengaruh pada penyetelan udara dikencangkan, maka Anda harus melakukan penyetelan masuknya udara dengan cara memutar kembali baut tersebut. Setting karbu Jupiter Z standar dilakukan dengan memutar baut tersebut dengan arah yang sebaliknya dari yang dilakukan pada saat pengencangan baut. Lakukan cara memutar ini dengan perlahan dan dengarkan dengan baik suara tarikan dari mesinnya. Jika suara tersebut semakin kencang, berarti putaran mesin juga semakin baik.
  • Menyetel baut

Cara setting karburator Jupiter Z biar kenceng dilanjutkan dengan menyetel baut. Terdapat dua pilihan dalam penyetelan ini. Pilihan pertama adalah setelan basah. Penyetelan ini dilakukan pada saat suara mesin semakin keras, sewaktu dilakukan penyetelan baut udara. Pilihan yang kedua adalah setelan kering. Setelan ini dilakukan sebelum terdengar suara tarikan mesin yang menjadi semakin kencang. Setelah penyetelan dilakukan, baut penyetel rpm harus diputar lagi. Dengan demikian maka tarikan sepeda motor pun akan menjadi semakin kencang.
Setelah mengetahui cara setting karburator Jupiter Z biar kenceng, Anda tentu bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Jika ingin melakukannya sendiri, sebaiknya dipahami dulu letak dari komponen-komponen yang terdapat pada karburator. Selain itu lakukan juga pembersihan karburator. Karena jika karburator dalam kondisi bersih, maka proses penyetingan dapat dilakukan dengan lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel