5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros dan Bisa Nabung

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros merupakan salah satu tugas penting seorang istri. Setiap keluarga tentunya mempunyai keadaan ekonomi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, seorang istri harus pandai dalam mengatur keuangannya agar tidak boros dan semua kebutuhan rumah tangga bisa dicukupi. Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan bagaimana cara mengatur keuangan rumah yang benar agar tidak boros dan tetap bisa menabung walaupun dengan gaji suami yang kecil.

cara mengatur keuangan rumah tangga agar hemat,cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta,cara mengatur keuangan rumah tangga secara islami,cara mengatur uang pribadi,
Baca juga : Mengatur Spasi

Berikut ini akan diberikan 5 cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros dan tetap bisa menabung:
  • Buat daftar kebutuhan pokok terlebih dahulu

Cara yang pertama dalam mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros adalah dengan membuat daftar kebutuhan pokok terlebih dahulu. Buatlah daftar kebutuhan pokok apa saja yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Misalnya saja uang bulanan sekolah, listrik, air, dan kebutuhan pokok lainnya. Catat kebutuhan tersebut secara rinci disertai dengan jumlah uang yang harus dibayarkan.
  • Setiap pengeluaran harus dicatat dengan baik

Selain mencatat kebutuhan pokok, Anda juga harus mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan. Pencatatan pengeluaran ini dilakukan agar Anda bisa mengontrol pengeluaran Anda. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menyimpan struk pembelian yang Anda lakukan. Dengan struk dan catatan pengeluaran yang Anda miliki, maka Anda bisa mengetahui pengeluaran Anda dan bisa mengontrolnya.
  • Kurangi makan diluar dan membeli kebutuhan yang tidak penting

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar hemat adalah dengan mengurangi makan diluar. Yang dimaksud makan diluar ini adalah makan di restoran ataupun kafe. Memang sesekali makan diluar bisa dijadikan sebagai menu selingan, namun agar Anda tetap hemat maka prioritaskan untuk selalu memasak dan makan masakan rumahan. Agar tidak bosan, buatlah menu yang bervariasi untuk keluarga.
  • Sisihkan uang receh dalam stoples

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros adalah dengan menyisihkan uang receh dalam stoples. Banyak orang yang boros karena uang receh yang dimiliki tidak disimpan. Padahal dengan menyisihkan uang receh secara tidak langsung Anda sudah menabung setiap harinya. Nah, mulai sekarang siapkan stoples untuk menempatkan uang receh yang Anda miliki.
  • Rencanakan pengeluaran bulan depan agar lebih hemat

Salah satu cara mengatur agar keuangan rumah tangga Anda tidak boros adalah merencanakan pengeluaran bulan berikutnya. Merencanakan pengeluaran untuk bulan depan bisa dilakukan pada saat mendekati akhir bulan, Anda bisa melihat catatan pengeluaran bulanan Anda dan merencanakan apa saja yang harus dikurangi agar bisa lebih hemat lagi.
Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros diatas bisa langsung Anda terapkan. Hidup boros memanglah tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan boros bisa membuat Anda miskin dan tidak mempunyai tabungan dimasa tua. Tabungan saat ini memang sangat penting, apalagi kita tidak bisa memprediksi apa yang akan datang dimasa mendatang. Oleh karena itu, dengan menabung dan hidup hemat maka Anda bisa mempersiapkan uang jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel