Panduan Cara Setting Vray Sketchup Yang Terbaik

Vrey Sketchup merupakan salah satu aplikasi yang sangat disarankan untuk digunakan para desainer ruangan. Hal ini dikarenakan aplikasi ini merupakan aplikasi yang mendukung agar gambar desain ruangan 3D yang Anda buat tampak lebih nyata. Cara setting Vray Sketchup ini sebenarnya sudah banyak disediakan dan Anda tinggal mengunduhnya saja. Namun setting Vray Sketchup yang sudah jadi belum tentu cocok untuk desain gambar yang Anda gunakan. Oleh karena itu, disarankan untuk para desainer membuat settingnya sendiri agar desainnya tampak lebih bagus.

cara render sketchup realistic,cara render sketchup tanpa vray,cara render vray sketchup malam hari,cara setting render vray sketchup interior,setting vray sketchup siang hari,
Baca juga : Printer Epson

Ada 5 cara setting render Vray Sketchup interior ataupun extrior yang paling utama. Kelima cara setting Vray Sketchup ini yaitu:

  • Global Switch

Setting Global Switch sangat penting dalam penggunaan Vray Sketchup, hal ini dikarenakan setting ini merupakan setting utama dalam Vray Sketchup. Pada Global Setting yang perlu diperhatikan adalah dengan memberi tanda centang pada kolom Lights. Namun jika Anda ingin mengatur pencahayaan sendiri secara manual maka pilih Hidden Lights. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan pencahayaan bawaan dari Vray Sketchup maka pilih Default Lights.
  • System

System ini merupakan pengaturan atau setting yang digunakan untuk mengatur penggunaan RAM. Melalui menu system ini Anda bisa mengatur konsumsi RAM yang akan digunakan pada saat membuka aplikasi ini. Dalam menu ini terdapat Dinamic Memory Limit dan Render Region Divisions. Pada Dinamic Memory Limit Anda bisa mengosonginya atau mengisikan 1/3 RAM yang digunakan pada Komputer. Sedangkan pada Render Region Division Anda harus mengisikan klom X dan Y sesuai dengan keinginan Anda.
  • Camera

Setting render interior Vray Sketchup juga harus dilakukan pada bagian kameranya. Cara setting pada camera Vray Sketchup bisa dilakukan dengan mengatur Shutter speed, F number, dan ISO. Untuk shutter speed jika diisikan dengan angka yang rendah maka akan semakin terang, begitu juga dengan F number yang akan semakin terang jika angkanya semakin rendah. Berbeda dengan ISO yang akan semakin terang jika angkanya semakin tinggi.
  • Environtment

Setting Environtment ini dilakukan untuk mendapatkan cahaya lain. Untuk mengatur Environtment pada Vray Sketchup maka Anda perlu menaikkan angka ataupun menurunkannya. Semakin tinggi angkanya maka gambar akan semakin cerah.
  • Image Sampler

Image sampler ini merupakan pengaturan yang digunakan untuk mengatur pixel pada gambar. Anda bisa menggunakan Fixed, Adaptive DMC, dan Adaptive Subdivision untuk gambar yang akan Anda render dengan Vray Sketchup.
Sebenarnya cara setting Vray Sketchup ini masih sangat banyak. Untuk para desainer bisa mengeksplorasi sendiri setting-setting yang ada pada aplikasi Vray Sketchup ini. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar pada komputer atau laptop dengan RAM minimal 4GB dan prosesor yang digunakan minimal intel core i3. Selain itu, pastikan jika VGA yang ada dalam komputer atau laptop minimal menggunakan NVidia seri GT520M dengan memori 1 GB.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel