Begini Perawatan dan Cara Menyetel Karburator Jupiter Z

Karburator adalah bagian mesin kendaraan bermotor yang fungsinya mengatur udara yang masuk agar terjadi pembakaran sempurna di dalam ruang pembakaran. Karena pembakaran membutuhkan bensin dan sejumlah udara sekaligus. Apabila karburator motor Anda kotor atau kurang baik, maka akan mempengaruhi performa kendaraan yang biasanya ditandai dengan bunyi brebet. Lalu, bagaimana cara menyetel karburator Jupiter Z dan motor 4 tak sejenis? Ternyata mensetting karburator bisa dilakukan sendiri asalkan Anda berani mencoba.

cara menyetel karburator motor 4 tak,cara setting karburator jupiter z biar kenceng,karburator jupiter z 2004,karburator jupiter z orisinil,karburator jupiter z racing,
Baca juga : Frekuensi HT

Sebelum Anda memulai cara setting karburator Jupiter Z Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan karburator. Caranya silakan lepas karburator dari dudukannya, kemudian bongkarlah bagian-bagian karburator tersebut. Agar Anda tidak lupa dengan posisi susunan perangkat tersebut, sebaiknya gunakan ponsel Anda untuk mengambil foto supaya nanti Anda bisa merakit kembali dengan benar. Lepas karburator dan bongkar dengan hati-hati, gunakan wadah untuk menyimpan baut dan seal karet dan bagian-bagian kecil lain agar tak tercecer.

Selanjutnya, cara menyetel karburator Jupiter Z adalah siapkan bensin untuk membersihkan karburator. Aliri lubang-lubang karburator agar bersih dari kotoran. Setelah itu, gunakan kompresor atau semprotan angin untuk membersihkan debu-debu yang melekat. Termasuk pada bagian filter atau penyaring udara. Biasanya bagian filter sangat kotor dan harus dibersihkan secara berkala. Apabila udara terhambat masuk ke dalam ruang pembakaran maka sepeda motor menjadi kurang bertenaga. 

Jangan lupa dalam menyetel karburator Jupiter Z dengan benar, perlu juga untuk mengecek apabila terdapat bagian yang harus diganti karena rusak atau aus. Cek dengan teliti semua bagian dan bersihkan dari debu dan kotoran. Apabila Anda tidak memiliki kompresor, gunakan bensin dan kain yang lembut kemudian tiup secara manual. Jika sudah yakin karburator dan bagian-bagian disekitarnya telah bersih, rakit kembali karburator dengan benar. Cek foto karburator Anda agar tak ada bagian yang terlewat. 

Proses membersihkan karburator telah selesai. Pasang kembali karburator pada dudukannya dengan posisi yang benar. Kemudian coba hidupkan sepeda motor Anda. Tarik gas perlahan dan tahan pada posisinya. Coba dengarkan bagaimana suara mesin, apakah masih brebet atau tidak. Jika masih brebet, coba putar baut ke kanan atau ke kiri sampai Anda mendapatkan suara yang pas dan lancar. 

Cara menyetel karburator Jupiter Z cukup mudah bukan? Apabila masih terdapat masalah, misalnya motor Jupiter Z Anda masih kurang bertenaga, atau suara brebet tidak juga hilang walaupun sudah dibersihkan dan disetting ulang. Maka sebaiknya Anda membawa sepeda motor Anda ke bengkel Yamaha terpercaya. Mungkin karburator sudah harus diganti, atau ada komponen pada kendaraan yang harus dibersihkan dan diperbaiki. Servis kendaraan penting untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel