Cara Mengatur Nafas Saat Push up untuk Menjaga Stamina dan Kekuatan Otot

Push up adalah salah satu gerakan yang berfungsi melatih otot tubuh bagian atas, baik dada, lengan, dan pergelangan tangan. Push up menjadi salah satu gerakan favorit yang bisa memberikan hasil maksimal dalam waktu relatif singkat. Hal penting saat melakukan push up salah satunya adalah cara mengatur nafas saat push up. Hal ini penting karena push up juga memerlukan stamina yang cukup supaya gerakannya bisa maksimal dalam pembentukan otot bagian atas.

cara kuat push up,cara mengatur nafas saat lari,cara mengatur nafas saat sit up,cara push up yang benar untuk pemula,dampak push up setiap hari,pernafasan saat angkat beban,
Baca juga : Page Number

Teknik Mengatur Nafas Supaya Push Up Menjadi Maksimal

Push up yang baik adalah ketika Anda bisa mendapatkan tujuan membentuk otot yang Anda inginkan, misal bahu atau dada menjadi lebih berotot. Namun pada artikel ini akan dikhususkan bagaimana cara mengatur nafas saat push up supaya push up Anda menjadi lebih maksimal. Berikut adalah caranya:

1. Gunakan pernapasan perut

Pernapasan perut saat push up adalah memasukan udara ke dalam diafragma, dan bukan paru-paru. Diafragma memiliki volume tampung udara yang tidak sebesar paru-paru. Artinya Anda bisa bernapas tidak terlalu dalam, sehingga udara tidak terlalu membebani berat tubuh ketika push up. Dengan begini, tenaga yang Anda gunakan untuk mengangkat tubuh menjadi standar (tanpa beban tambahan).

2. Bernafas dengan irama

Cara mengatur nafas saat push up selanjutnya adalah dengan mengatur irama nafas saat push up. Hembuskan nafas pada saat Anda mengangkat tubuh, dan tarik nafas pada saat turun. Dengan membuang nafas pada saat mengangkat tubuh, beban udara dalam tubuh menjadi berkurang, meskipun push up tidak lantas jadi lebih ringan, tapi tekanan otot tangan, bahu, dan dada menjadi maksimal. Anda bisa memfokuskan pada pergerakan otot supaya lebih berkontraksi.

3. Lakukan repetisi

Melakukan push up hubungannya dengan cara mengatur nafas saat push up adalah menjaga agar stamina Anda tahan lama. Caranya dengan melakukan repetisi. Lakukan push up dengan hitungan dimulai dari kecil, misal 5 kali lalu berhenti, kemudian 5 kali lagi. Untuk awal praktik push up, lakukan setidaknya 2 set dengan masing-masing 5 kali push up. Anda bisa melakukan 2 set tersebut pada pagi dan sore hari.

4. Lakukan pemanasan

Selain mengetahui cara mengatur nafas saat push-up, melakukan pemanasan penting. Dari sini Anda bisa mulai dengan peregangan otot tubuh bagian atas. Selain itu, persiapkan tarikan napas dan konsistensi napas yang berirama sehingga Anda tidak kehilangan ritme akibat kelelahan karena terlalu fokus pada gerakan otot.
Itulah beberapa cara mengatur nafas saat push up yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Gerakan push up hampir tidak memerlukan fasilitas terlalu banyak. Anda hanya perlu alas. Push up bisa dilakukan dimana saja. Meskpiun mudah, efek push up akan terlihat dalam waktu singkat, jika Anda rutin melakukannya. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel