Begini Cara Mengatur Bandwidth Wifi Menggunakan Software

Jika Anda memiliki tempat kost, warung makan dan sejenisnya yang menyediakan wifi tentu akan lebih baik jika Anda mengetahui cara mengatur bandwidth wifi. Hal ini penting agar kecepatan download dan upload para pelanggan wifi di tempat Anda bisa dikelola dengan baik. Jangan sampai ada yang download banyak-banyak dengan kecepatan tinggi kemudian mengganggu kebutuhan pelanggan lainnya karena membuat koneksi mereka jadi terlalu lambat. Karena itu mengatur kecepatan bandwith wifi sebaiknya dilakukan demi kepuasan dan kenyamanan.

cara membagi bandwidth wifi router,cara membagi bandwidth wifi tanpa mikrotik,cara membagi bandwidth wifi tp link,cara membatasi kecepatan wifi untuk orang lain kecuali kita,
Baca juga : Cahaya Komputer

Cara mengatur kecepatan bandwidth wifi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan software, yaitu P2pover. Pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload software tersebut. Jika sudah silakan coba instal dan jalankan P2pover di laptop atau PC Anda. Setelah muncul tampilan menu, pilih advanced option. Setelah itu akan muncul halaman pop up untuk memilih jenis LAN yang digunakan. Kemudian silakan pilih autoselect lalu klik OK. Selanjutnya ada menu Option silakan pilih schedule setting.

Cara mengatur bandwidth wifi selanjutnya adalah pada halaman Schedule Setting silakan klik New(N). Selanjutnya pada kolom schedule name silakan isi dengan nama terserah Anda. Lalu pada kolom dibawahnya klik kanan dan pilih select all(A) lalu silakan klik OK. Untuk mengatur kecepatan bandwidth, maka pada bagian menu option silakan Anda pilih rule setting hingga muncul kotak dialog baru. Pada halaman rule setting tersebut silakan klik New. Pada rule name silakan buat nama terserah Anda. 

Langkah menyetting bandwidth wifi selanjutnya adalah pilih schedule kemudian klik Next. Jika sudah akan muncul halaman pengaturan bandwidth. Silakan atur batas incoming dan outgoingnya dengan kecepatan yang Anda inginkan. Kemudian klik Next. Pada halaman P2P silakan klik next lagi, pada halaman IM Anda juga bisa mengosongkan lalu klik next. Sementara itu pada halaman HTTP/FTP silakan atur apakah Anda akan memblock download file-file besar seperti .mp3, .mp4 dan sejenisnya. Namun jika tidak juga tidak apa-apa. 

Selanjutnya pada halaman www silakan pilih restricted with rule. Setelah itu centang semua, pilih blacklist kemudian klik next. ACL setting bisa dikosongkan, setelah itu baru klik finish. Selanjutnya jika Anda ingin mengatur kecepatan bandwidth seseorang dalam jaringan maka silakan pilih scan pada menu. Kemudian pilih control all lalu klik start. Jika daftar pengguna sudah muncul, pilih laptop atau komputer yang Anda maksud kemudian pilih apply rule to host selected.

Cara mengatur bandwidth wifi mudah bukan? Jika Anda ingin menurunkan bandwidth pada komputer pengguna tertentu juga bisa dengan klik kanan pada komputer yang dimaksud kemudian pilih Drop Host Selected. Dengan demikian komputer atau laptop tersebut akan otomatis diblokir dan tidak bisa menggunakan jaringan wifi Anda. Sekarang Anda sudah bisa mengatur pemakaian wifi Anda dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel