Cara Mengatur Tetesan Infus Dengan Manual dan Aplikasi

Tenaga medis wajib mengerti dan mengetahui cara mengatur tetesan infus dengan tepat dan cepat. Cara menghitung tetesan infus ini tentunya tidak boleh asal-asalan dalam menentukannya. Akan tetapi, harus ada dasar yang kuat yang digunakan ketika menghitung cairan yang akan dimasukkan dalam tubuh pasien. Sebab sebagai tenaga medis, kita tidak bisa mengetahui berapa dan kapan jumlah pasien yang datang ke rumah sakit bahkan terkadang pasien datang secara tiba-tiba dikarenakan bencana atau kecelakaan dan semua tindakan tersebut harus diinfus. 

cara cepat menghitung tetesan infus terbaru,cara menghitung dosis obat,cara menghitung tetesan infus berdasarkan berat badan,cara menghitung tetesan infus pdf,menghitung balance cairan,
Baca juga : Kata Sandi Instagram

Oleh karena itu, akan sangat menghambat apabila tenaga medis lambat dalam mengatur tetesan infus yang diresepkan dokter. Hal yang paling penting juga yaitu menjaga sirkulasi pasien supaya tetap baik. Perlu Anda ketahui, sebagai tenaga medis di dalam situasi sibuk mungkin tidak dapat menghitung kebutuhan cairan secara manual, oleh sebab itu tenaga medis apalagi perawat membutuhkan perhitungan tetesan infus dengan cepat diluar kepala. Sebelum mengetahui rumus menghitung tetesan infus micro dan macro, Anda harus mengetahui dulu istilah yang biasa digunakan.

Meskipun setiap rumah sakit mempunyai perbedaan nama, namun tetap sama cara penghitungannya. 3 istilah penting dalam dunia medis yaitu GGT, artinya makro tetes, MGTT artinya mikro tetes dan jumlah tetesan artinya banyak tetesan di dalam satu menit. Infus set macro drip mempunyai banyak jenis berdasarkan tetesnya. Infus set yang sering digunakan di instalasi kesehatan di Indonesia. Berdasarkan merek dan faktor tetesnya untuk merek otsuka, faktor tetesnya sama dengan 15 tetes per ml dan merek terumo, faktor tetesnya 20 tetes per ml. 

Untuk infus blood set untuk transfusinya mempunyai faktor yang sama dengan merek otsuka, yaitu 15 tetes per menit. Sedangkan cara mengatur tetesan infus set macro drip dengan faktor tetesnya 10 tetes per menit jarang ditemui di wilayah Indonesia. Biasanya, cara ini hanya bisa ditemui di rumah sakit rujukan, rumah sakit internasional dan rumah sakit pendidikan. Untuk lebih memahami cara menghitung jumlah cairan infus yang masuk, Anda harus mengetahui terlebih dahulu rumus untuk menghitung jumlah tetesan cairan di dalam hitungan menit dan per jamnya. 

Rumus dasar di dalam hitungan menit jumlah kebutuhan cairan di kali faktor tetes dibagi waktu dalam menit. Sedangkan untuk rumus dasar dalam jam yaitu jumlah kebutuhan cairan di kali faktor tetes dibagi dengan waktu dalam jam dikali 60. Pada umumnya, untuk faktor tetes dewasa 20 dan faktor tetes anak yaitu 60.

Nah, itulah bagaimana menghitung tetesan infus secara manual. Namun jika ingin menghitung tetesan infus lebih praktis dan cepat, Anda bisa menggunakan kemajuan teknologi yaitu dengan aplikasi sederhana android. Demikian penjelasan mengenai cara mengatur tetesan infus dengan cepat dan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel