Cara Mengoper Gigi Mobil Manual Untuk Pemula

Salah satu kesulitan yang dialami orang ketika baru pertama kali belajar mengendarai mobil sendiri adalah bagaimana cara mengoper gigi mobil manual. Mengoper gigi pada kendaraan, terutama mobil memang tidak sesederhana jika Anda menggunakan sepeda motor. Apalagi jika Anda sebelumnya tidak mengenal perpindahan gigi karena sudah terbiasa dengan kendaraan matic. Tentunya butuh sedikit kerja keras agar Anda bisa menguasai kendaraan dan membuatnya melaju dengan mulus dan aman. 

belajar memindahkan gigi mobil manual,cara memasukan gigi mobil l300,cara oper gigi mobil avanza,cara oper gigi mobil yang halus,cara pindah gigi mobil di tanjakan,persneling mobil manual keras,
Baca juga : Ask Fm

Sebelum Anda belajar cara memindahkan gigi pada mobil manual, perhatikan dulu cara mengendarai mobil yang benar. Pertama duduk dengan posisi tegak dan nyaman, kenakan sabuk pengaman dengan benar untuk keselamatan Anda. Kemudian turunkan kaca jendela samping supaya Anda bisa memperhatikan suara mesin dan belajar mengenali perbedaan saat perpindahan gigi dari satu gigi ke gigi lainnya. Hal ini penting untuk melatih kepekaan Anda dalam mengendarai mobil. 

Kemudian perhatikan bahwa pada mobil manual terdapat tiga buah pedal, pedal kopling, pedal rem dan gas. Ingat baik-baik posisinya agar Anda tidak salah injak. Cara mengoper gigi mobil manual memerlukan bantuan kopling. Karena saat perpindahan gigi pedal kopling harus diinjak. Pastikan kaki Anda sampai dan cukup nyaman dalam menginjak pedal kopling. Kemudian coba mulai dengan pindahkan posisi tuas gigi ke posisi gigi netral sambil injak pedal kopling dan hidupkan mesin kendaraan Anda. Setelah hidup silakan lepaskan pedal kopling. 

Agar bisa melaju maka cara mengoper gigi pada mobil manual selanjutnya adalah injak kembali pedal kopling sambil memindahkan gigi dari gigi netral ke gigi satu. Angkat kaki Anda setelah suara mesin menurun, kemudian injak pedal gas secara ringan. Maka mobil akan mulai bergerak. Lakukan cara ini berulang-ulang sampai Anda merasa cukup nyaman dan terbiasa dengan perpindahan antara kopling dan gas. Ingat inti menjalankan mobil manual terdapat pada kombinasi yang pas antara injakan kopling dan gas. 

Anda bisa mengoper gigi satu ke gigi dua jika mobil telah sampai ke 2500 sampai 3000 rpm. Rasakan bedanya pada suara mesin dimana waktu yang tepat untuk mengoper gigi ke gigi dua agar kecepatan mobil meningkat. Gigi dua berada di bawah gigi satu, caranya tarik tuas ke kiri lalu tarik ke belakang. Sementara gigi tiga dari posisi gigi netral kemudian dorong ke atas. Pada posisi gigi empat caranya berlawanan dengan gigi tiga. Sementara gigi lima adalah geser kanan lalu tarik ke depan. Lalu, untuk gigi enam geser kanan kemudian tarik ke belakang. 

Cara mengoper gigi mobil manual tidak sulit jika Anda telah terbiasa. Pastikan kaki kiri selalu berada di dekat pedal kopling, sementara kaki kanan berada di antara pedal gas dan pedal rem. Untuk lebih terampil lakukan latihan terus menerus, termasuk latihan dalam memarkir kendaraan, berputar, melewati tanjakan dan lain sebagainya. Perhatikan perubahan suara pada mesin dan gunakan sensitivitas Anda kapan kira-kira Anda harus mengoper atau memindahkan gigi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel