Cara Mengatur Wifi di Laptop Yang Tidak Dapat Mengakses Internet

Kebutuhan akan akses internet yang cepat dan murah kini dapat dipenuhi dengan adanya wifi. Adapter wifi yang memungkinkan sebuah laptop terkoneksi wifi juga sudah dimiliki oleh semua produk terbaru. Tetapi terkadang muncul masalah dalam penggunaan jaringan tersebut. Salah satunya adalah tidak dapat mengakses jaringan internet walaupun laptop sudah connect atau terhubung pada hotspot. Untuk menangani masalah ini terdapat dua cara mengatur wifi di laptop yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah:

cara mengaktifkan wifi di laptop lenovo,cara mengaktifkan wifi di laptop windows 7,cara mengaktifkan wifi di laptop windows 8,laptop tidak bisa connect wifi,wifi tidak terdeteksi di laptop,
Baca juga : G Shock GA-400

Melalui pengaturan IP address

Masalah yang terjadi ketika kita tidak bisa terhubung ke jaringan internet walaupun hotspot telah terkoneksi tentu berbeda dengan masalah wifi tidak terdeteksi di laptop. Jika hotspot memang sudah terkoneksi, maka lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada systray yang terdapat di pojok sebelah kanan bawah dari komputer. Jika ikon koneksi wireless menampilkan segitiga kuning bergambar tanda seru, maka bisa dilakukan pengaturan IP address melalui Control Panel.

Caranya adalah masuk ke dalam Control Panel dan pilih ‘Network And Sharing Center’. Lakukan klik kanan di ‘Wireless Connection’, kemudian pilih ‘Properties’. Selanjutnya klik 2 kali di ‘Internet Protocol Version 4’. Sebuah window kemudian akan muncul, dan menampilkan detil dari IP address. Cara mengatur wifi di laptop kemudian dilanjutkan dengan memilih ‘Obtain IP address autommatically’ dan lanjutkan dengan mengklik ‘OK’ dan ‘OK’ lagi. Dalam beberapa saat, akan didapatkan IP address yang berasal dari DHCP server-hotspot, dan internet pun dapat digunakan. 

Menginstal ulang driver hardware

Jika setelah melakukan cara pertama di atas laptop tidak bisa connect wifi seperti yang diharapkan, maka kita bisa melakukan cara yang kedua ini. Cara tersebut merupakan solusi dari adanya kemungkinan wifi card yang mengalami masalah. Driver hardware bisa menjadi pemicu masalah tersebut. Untuk memperbaikinya, kita bisa melakukan install ulang driver hardware.

Caranya adalah dengan mengklik kanan ‘My Computer’, lalu pilih ‘Manage’. Lanjutkan dengan memilih ‘Device Manager’. Langkah berikutnya adalah mengklik ‘Network adapters’ dan klik kanan di hardware wifi. Lanjutkan dengan mengklik ‘Unisntall’, lalu klik kanan lagi untuk memilih ‘Scan Hardware Changers’. Setelah itu sistem akan mulai mendeteksi dan melakukan install ulang driver hardware dari wifi dengan cara otomatis. Tutup kembali ‘Device Manager’ dan cobalah menghubungkan kembali hotspot wifi. Koneksi internet pun akan normal kembali. 

Kedua cara mengatur wifi di laptop di atas adalah sebagian usaha untuk dapat menghubungkan kembali jaringan internet. Setidaknya ada 11 masalah yang bisa jadi penyebab error pada jaringan tersebut. Perbedaan masalah tentu membutuhkan solusi yang berbeda pula. Karena itu lakukan pemeriksaan atau analisa dengan teliti terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan perbaikan. Dengan demikian tidak akan terjadi cara perbaikan tidak tepat, yang bisa jadi memakan biaya ataupun waktu secara percuma.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel