Panduan Lengkap Cara Mengatur Ukuran Foto Di Photoshop Versi Terbaru

Potoshop merupakan salah satu media yang banyak digunakan untuk mengedit foto ataupun gambar. Aplikasi yang bisa digunakan pada semua seri OS ini memang cukup mudah digunakan terutama bagi para desainer pemula. Nah, salah satu trik yang harus dikuasai oleh para desainer grafis ini adalah mengatur ukuran foto. Cara mengatur ukuran foto di Photoshop sebenarnya sangat mudah. Hal ini dikarenakan Anda hanya perlu menggunakan tool yang sudah disediakan pada Photoshop.

cara mengatur ukuran kertas di photoshop,cara mengecilkan objek di photoshop,cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb,cara mengubah ukuran foto menjadi 3x4,cara mengubah ukuran layer di photoshop,
Baca juga : Volume Blackberry

Cara Mengatur Ukuran Foto Di Photoshop Dengan Crop Tool

Cara mengubah ukuran foto di Photoshop menjadi 4x6 atau yang lebih besar bisa dengan mudah menggunakan Crop Tool. Adapun panduan cara mengatur ukuran foto di Photoshop dengan menggunakan Crop Tool yaitu:
  • Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka gambar yang akan diubah ukurannya. Anda bisa menggunakan menu File kemudian pilih Open lalu pilih foto yang akan diubah ukurannya. Selain itu, Anda juga bisa membuka langsung dari foto yang akan diubah ukurannya dengan cara klik kanan pada file foto lalu pilih Open With Photoshop.
  • Selanjutnya setelah file foto terbuka maka Anda pilih Crop Tool yang ada pada bagian kiri layar. Menu Crop Tool ini mempunyai bentuk kotak persegi panjang. Namun jika pada sub menu bagian kiri belum nampak, maka Anda hanya perlu pilih menu Window lalu Option kemudian centang gambar Crop Tool.
  • Setelah memilih sub menu Crop Tool, maka secara otomatis akan muncul batas crop pada gambar. Dari sini Anda tinggal mengatur tinggi dan lebar sesuai dengan keinginan Anda. Agar lebih mudah Anda bisa mengetikkan ukurannya pada Option Bar yang muncul.
  • Langkah yang terakhir jika ukurannya sudah sesuai maka tekan tombol enter. Anda juga bisa memilih tanda centang atau tanda selesai pada Option Bar yang muncul.

Cara Mengatur Ukuran Foto Di Photoshop Dengan Ukuran Kanvas

Jika Anda ingin lebih mudah lagi dalam mengubah ukuran foto di Photoshop maka Anda bisa mengubah ukuran kanvas atau layernya. Cara mengubah ukuran layer di Photoshop bisa dilakukan dengan mengubah ukuran kanvasnya. Adapun panduan cara mengatur ukuran foto di Photoshop dengan menggunakan ukuran kanvas yaitu:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Photoshop kemudian pilih File New.
  • Setelah itu aturlah ukuran kanvas sesuai dengan yang dibutuhkan.
  • Selanjutnya buka foto yang akan Anda ubah ukurannya dan pindahkan dengan cara menekan tombol CTRL dan A lalu tekan CTRL dan C.
  • Kemudian buka File baru yang sudah diatur kanvasnya dan pilih CTRL +V lalu pilih transform. Secara otomatis ukuran foto akan menyesuaikan dengan ukuran kanvas yang sudah dibuat tadi.
Selain dengan menggunakan Crop Tool dan mengatur ukuran kanvas, cara mengatur ukuran foto di Photoshop juga bisa dilakukan dengan mengubah ukuran foto secara manual. Anda bisa menggunakan menu properties lalu pilih ukuran foto. Anda bisa memasukkan tinggi dan lebar sesuai dengan kebutuhan Anda. Menggunakan Photoshop untuk editing foto ini memang sangat mudah dan membantu para desainer grafis untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel