Cara Menyetel Karburator Jupiter Z Standar Untuk Performa Makin Sempurna

Cara menyetel karburator Jupiter Z standar penting untuk diketahui supaya Anda bisa membersihkan karburator dan menyetel karburator motor kesayangan Anda. Karburator adalah salah satu bagian penting kendaraan bermotor. Fungsi karburator untuk menyuplai atau mengontrol masuknya bahan bakar ke dalam ruang pembakaran dengan mencampurkan bahan bakar serta udara. Sehingga terjadi pembakaran yang sempurna dan sepeda motor dapat berjalan dengan performa yang maksimal. 
Jika karburator lama tidak dibersihkan atau tidak diganti, performa kendaraan otomatis akan menurun. Walaupun itu bukan satu-satunya penyebab, namun ada baiknya Anda mengetahui cara merawat karburator Jupiter Z standar Anda dengan baik. Anda bisa membawanya ke bengkel langganan terpercaya secara berkala untuk membersihkan komponen mesin termasuk karburator jika tidak ingin repot. Namun menyetel karburator Jupiter Z standar juga bisa dilakukan sendiri, syaratnya Cuma hati-hati dan percaya diri. 

Cara menyetel karburator Jupiter Z standar pertama adalah cobalah lepas karburator dari dudukannya dengan hati-hati. Kemudian foto bagian karburator dengan ponsel supaya jika Anda lupa posisi pemasangannya Anda cukup melihat dan membandingkan dengan foto tersebut. Selanjutnya bongkarlah karburator, lepas penampung bensin, main jet dan pilot jet kemudian masukan ke dalam wadah tersendiri agar tidak hilang atau berantakan. Setelah itu, baru melepas setelan angin dengan hati-hati. 

Cara membongkar sendiri karburator Jupiter Z standar harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Contohnya pada setelan angin terdapat seal, ring dan peer kecil yang tidak boleh hilang. Jika sudah dibongkar semua, cobalah cuci karburator menggunakan bensin hingga semua lubang teraliri bensin, bila perlu gunakan kuas. Selanjutnya, bersihkan karburator menggunakan kompresor atau pompa udara bertekanan agar debu-debunya hilang dengan mudah. Jika tidak ada kompresor Anda bisa meniup secara manual. 

Setelah itu, periksa semua bagian apakah masih terdapat kotoran yang menempel. Debu dan kotoran termasuk pada bagian filter sangat berperan dalam mengurangi atau menurunkan performa kendaraan bermotor. Karena selain memberatkan mesin juga mengurangi pasokan udara yang sangat dibutuhkan dalam pembakaran bensin di ruang pembakaran bahan bakar. Selain dibersihkan, cek juga jika terdapat bagian yang sudah rusak atau sudah waktunya diganti dengan yang baru misalnya bagian karet diafragma. 

Jika sudah yakin bersih, rakit dan pasang kembali karburator dengan benar sesuai posisi semula. Pastikan baut telah terpasang dengan kencang. Kemudian coba hidupkan mesin, putar setelan angin dengan kencang lalu kendurkan perlahan-lahan. Kemudian setel putaran stationer dengan memutar ke kanan atau ke kiri. Rasakan perbedaan pada suara mesin yang dihasilkan. Cara menyetel karburator Jupiter Z standar sudah selesai, mudah bukan? Kini Anda sudah bisa merawat dan menyetel karburator kendaraan kesayangan Anda sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel