Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta Per Bulan

Dengan semakin meningkatnya harga barang-barang, biaya hidup pun menjadi semakin mahal. Gaji sebanyak 3 juta/bulan menjadi nilai yang sangat pas-pasan untuk sebuah rumah tangga. Pengelolaan keuangan yang baik dan jitu tentu sangat diperlukan. Tujuannya adalah semua kebutuhan bisa terpenuhi, biaya pendidikan dan kesehatan dapat dicukupi dan ada tabungan atau investasi yang bisa dilakukan. Agar tujuan itu dapat tercapai, maka cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta per bulan seperti di bawah ini sangat diperlukan. Cara tersebut meliputi:  

cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros,cara mengatur keuangan rumah tangga secara islami,cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar,mengatur gaji 1 juta per bulan,
Baca juga : Keuangan Rumah Tangga Safir Senduk
  • Berbelanja dengan cerdik

Salah satu cara mengatur keuangan bulanan bagi rumah tangga yang memiliki gaji sebanyak 3 juta rupiah adalah melakukan belanja secara cerdik. Salah satunya adalah dengan membeli berbagai kebutuhan rumah tangga di toko grosiran bukan warung-warung pengecer. Harga kedua tempat tersebut pasti akan berbeda. Selain itu belilah dalam kemasan besar dan jangan membeli dalam bentuk sachetan, karena total harganya pasti akan lebih murah.
  • Usahakan tetap menabung

Gaji sebanyak 3 juta bisa segera habis untuk membayar berbagai kebutuhan. Tetapi bagaimanapun, menabung tetap harus dilakukan. Cara mengatur gaji bulanan yang kecil agar tetap dapat memiliki tabungan dapat dilakukan dengan menyimpan sebagian uang untuk ditabung saat baru saja gajian. Jangan menunggu adanya uang sisa belanja, karena hal itu pasti tidak akan tercapai. Mengikuti arisan juga bisa menjadi cara agar dapat menyisihkan sebagian pendapatan.
  • Mencari pemasukan tambahan

Solusi lain dari cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta adalah mencari pemasukan tambahan. Jika kita hanya terfokus pada gaji saja, maka akan sulit untuk bisa membiayai pendidikan, membeli rumah atau kendaraan. Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari tambahan penghasilan. Apakah dengan melakukan pekerjaan sampingan ataukah menginvestasikan uang pada bisnis yang dilakukan teman atau saudara.
  • Berhati-hati dalam berhutang

Tidak bisa dipungkiri kita terkadang berada pada situasi yang memaksa untuk berhutang. Memiliki hutang memang bukan hal terlarang. Yang penting adalah adanya prinsip dalam berhutang yang harus dipegang teguh. Prinsip pertama adalah tidak boleh berhutang untuk kebutuhan konsumsi. Usahakan melakukan belanja konsumsi dengan dana seadanya. Kedua, jumlah cicilan hutang tidak boleh lebih dari 30% gaji. Jika lebih, maka kita bisa terlilit hutang.
Dalam cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta per bulan, hal penting lainnya yang harus selalu dilakukan adalah membuat anggaran belanja yang matang untuk setiap bulannya. Bagi uang gajian dalam pos-pos tertentu dan simpan secara terpisah. Jangan mudah menggunakan uang yang dianggarkan pada suatu pos untuk kebutuhan lainnya. Jika hal ini dilanggar, maka akan sangat sulit untuk memiliki keuangan rumah tangga yang teratur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel