Cara Mengatur IP Address Pada Windows 7 dan 8

IP address merupakan alamat dari host yang terhubung pada jaringan. IP address dari sebuah komputer dengan sistem operasi Windows 7 maupun 8 dapat dirubah atau disetting melalui dua cara. Cara tersebut adalah cara statis atau manual dan cara dinamis atau otomatis. Pada kedua sistem operasi tersebut terdapat Fasilitas Graphical User Interface atau GUI yang akan membuat cara mengatur IP address menjadi lebih mudah. 

Melakukan Setting IP Address Secara Manual

Untuk dapat mengatur IP address secara manual, kita terlebih dahulu harus masuk ke dalam ‘Control Panel’. Setelah itu pada bagian ‘Network and Internet’, pilihlah ‘View Network Status and Tasks’. Kemudian kita akan diarahkan pada halaman ‘Network and Sharing’. Cara setting IP address Windows 7 dan 8 ini dilanjutkan dengan memilih ‘Change Adapter Setting’ yang berada di panel menu pada sebelah kiri. Lalu, kita bisa mulai memilih adapter mana pada komputer yang akan diatur IP addressnya. 

Jika yang dipilih adalah ‘Local Area Connector’, maka pada icon adapter lakukan klik kanan dan pilihlah ‘Properties’. Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog, dimana kita harus memilih ‘Internet Protocol Version 4’ atau ‘TCP/IPv4’. Lanjutkan dengan memilih ‘Properties’. Setelah semua tahapan awal dari cara mengatur IP address dilakukan dengan benar, kita kemudian akan diminta untuk mengisi sebuah form isian. 

Pengaturan IP address dilanjutkan dengan memberikan cek list yang ada pada ‘Use The Following IP Address’. Cek list ini diberikan agar kita dapat melakukan pengisian secara manual. Yang harus dilakukan kemudian adalah mengisi form tersebut dengan IP address yang diinginkan. Tahapan terakhir dari cara setting IP address Windows 8 dan 7 adalah mengklik ‘OK’, dan pengaturan pun selesai. Setelah IP address diatur dengan cara statis atau manual, maka alamat ini hanya bisa disetting ulang secara manual lagi. 

Melakukan Setting IP Address Secara Otomatis

Untuk bisa melakukan pengaturan IP address secara otomatis atau dinamis pada komputer yang memiliki sistem operasi Windows 7 atau 8, maka tahapan awalnya akan sama dengan cara setting manual. Mulai dari masuk ke dalam ‘Control Panel’, masuk dalam halaman ‘Network Sharing Center’ dan memilih adapater. Tahap dalam memilih ‘Internet Protocol Version 4’ juga sama hingga kita masuk pada form isian. Setelah itu, maka tahapan yang harus dilakukan mulai mengalami perbedaan.

Agar dapat melakukan cara mengatur IP address dengan otomatis, biarkan form pengisian tetap kosong. Lakukan saja cek list pada ‘Obtain an IP Address Automatically’ dan kemudian klik ‘OK’. Dengan cara ini, maka secara otomatis IP address bisa di dapatkan. Sebagai catatan, jangan lupa untuk menghubungkan komputer pada DHCP server sebelum melakukan pengaturan IP address secara otomatis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel