Cara Mengatur Keuangan Dlm Rumah Tangga untuk Anda yang Memiliki Anak

Aspek keuangan dalam keluarga menjadi hal penting, mengingat ini salah satu bagian vital dimana semua kebutuhan hidup dan operasional keluarga memerlukan uang. Cara mengatur keuangan dlm rumah tangga susah-susah gampang. Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu arus kas bulanan, baik dari penghasilan bekerja atau selain bekerja. Dari mana sumber penghasilan dan berapa besarannya, akan menentukan keputusan dan rencana finansial ke depan bersama pasangan.

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta,cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil,tips mengatur keuangan rumah tangga menurut islam,
Baca juga : Keuangan Rumah Tangga

Tips Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Mudah

Berkaitan dengan mengatur keuangan keluarga, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Inilah yang akan menjadi dasar pengambilan keputusan keuangan keluarga Anda dalam beberapa tahun mendatang. Tentu saja termasuk menabung dan prioritas pengeluaran. Berikut telah kami rangkumkan beberapa cara mengatur keuangan dlm rumah tangga:

1. Petakan cashflow

Penting bagi Anda untuk mengetahui pondasi dasar keuangan keluarga Anda. Bila Anda hidup dengan pasangan Anda dan keduanya bekerja, mulailah dengan memetakan pendapatan bulanan Anda. Dari mana saja sumbernya dan berapa banyaknya. Jika Anda dan pasangan bekerja, berapa penghasilan bulanan. Jika Anda dan pasangan melakoni kerja sampingan misalnya berjualan online shop, berapa pendapatan dari online shop (online shop dianggap pendapatan diluar gaji pokok).

2. Pisahkan kebutuhan dan keinginan

Ini adalah salah satu hal penting berkaitan dengan cara mengatur keuangan dlm rumah tangga. Ketika Anda sudah punya anak, kebutuhan akan semakin meningkat. Baik pasangan ataupun anak Anda akan banyak minta ini dan itu. Tegaslah dalam menentukan mana yang benar-benar menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan sesaat. Jika membeli beras adalah kebutuhan supaya Anda bisa makan sehari-hari, maka membeli mobil kedua saat Anda sudah punya satu adalah keinginan sesaat. Sekiranya satu mobil sudah cukup untuk operasional keluarga, mobil kedua hanya bersifat gengsi.

3. Perencanaan keuangan

Cara mengatur keuangan dlm rumah tangga salah satunya dengan membuat perencanaan keuangan. Ini berhubungan dengan alokasi dan ketersediaan dana serta pemasukan dan pengeluaran bulanan. Hal-hal dasar seperti biaya hidup, tagihan listrik, biaya sekolah atau kuliah, dan tabungan hendaknya menjadi prioritas sebelum Anda menuliskan daftar yang lain seperti membeli baju baru tiap bulan, atau berlibur ke luar negeri. Perencanaan keuangan juga menyangkut tabungan dan investasi. Kiranya perlu Anda menabung untuk biaya tak terduga dan berinvestasi untuk kebutuhan di masa mendatang.
Itulah beberapa tips cara mengatur keuangan dlm rumah tangga dengan asumsi Anda mendapatkan penghasilan dengan jumlah standar kecukupan hidup, tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak. Hal penting dalam perencanaan keuangan adalah bebaskan diri Anda dari hutang tidak produktif seperti hutang untuk memenuhi gaya hidup. Jika Anda berhutang untuk menggenapkan jumlah investasi Anda, itu masih masuk akal dengan hitungan ROI (Return On Investment) yang bisa dipertanggungjawabkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel