Beberapa Panduan Cara Mengatur Halaman Di Word Untuk Berbagai Kebutuhan

Menggunakan aplikasi Ms Word pada Ms Office sebetulnya sangat mudah karena menggunakan prinsip what you see what you get. Aplikasi Ms Word merupakan aplikasi yang sangat user friendly seandainya Anda sudah terbiasa. Namun kadang orang mungkin masih bingung contohnya tentang bagaimana cara mengatur halaman di Word. Misalnya membuat halaman, mengatur posisi halaman dan penomorannya, serta hal-hal lain yang biasanya dibutuhkan saat Anda membuat laporan atau tugas sekolah. 

cara memberi halaman pada word secara berurutan,cara membuat halaman berbeda di word 2013,cara membuat halaman di word 2007 untuk skripsi,cara membuat nomor halaman di word untuk skripsi,
Baca juga : ID Line

Cara setting halaman pada Ms Word juga dibutuhkan misalnya saat Anda mengerjakan skripsi. Biasanya pada halaman dengan judul diatasnya maka letak penomoran halaman tidak sama dengan halaman berikutnya. Demikian juga dengan halaman sampul, halaman daftar isi, daftar pustaka dan lain-lain. Anda tidak perlu pusing karena semua itu bisa diselesaikan dengan mudah. Bagaimana langkah-langkahnya? Pertama silakan Anda masuk ke file atau dokumen Anda. Kemudian pilih menu insert, lalu header and footer, kemudian klik page number.

Cara mengatur halaman di Word selanjutnya adalah pilih letak nomor halaman. Misalnya top of page atau pada bagian atas, bottom of page atau bagian bawah, kemudian page margin atau pilih current position untuk menempatkan halaman di posisi kursor. Jika sudah silakan setting bentuk nomor halaman yang Anda inginkan pada menu page gallery. Disana ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Kemudian untuk menutup header atau footer silakan klik dua kali pada halaman lalu pilih close header/footer.

Jika Anda ingin format halaman yang berbeda, misalnya dari angka 1,2, 3 dst menjadi angka romawi, maka cara merubah format halaman di Word adalah sebagai berikut. Klik dua kali pada halaman Word Anda untuk memunculkan header and footer tools. Selanjutnya pada design tab silakan pilih page number kemudian klik page number. Setelah muncul dialog box page number format silakan, pilih number format yang diinginkan misalnya romawi. Kemudian atur juga peletakannya mulai dari halaman berapa. Setelah itu klik OK.

Berikutnya, Anda juga bisa mengatur misalnya merubah jenis dan ukuran font pada nomor halaman yang diinginkan. Caranya cukup dengan klik ganda agar header dan footer tools muncul, lalu sorot nomor halaman. Setelah itu tinggal diubah sesuai dengan jenis font dan ukuran yang diinginkan. Sementara itu, cara membuat jenis penomoran yang berbeda pada halaman yang berbeda Anda bisa memanfaatkan section break, atau secara manual membuat dokumen yang berbeda. 

Cara mengatur halaman di Word tidak sulit bukan? Selain untuk pengaturan diatas, Anda juga bisa menyetel halaman untuk kebutuhan lainnya. Misalnya membuat format halaman yang berbeda dalam satu dokumen yang sama. Menghilangkan nomor halaman pada halaman-halaman tertentu yang diperintahkan dan sebagainya. Intinya mengatur halaman pada Word sangat mudah, Anda tinggal mencoba dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel