Cara Mengatur Pola Makan Sehat Dan Benar

 

cara mengatur pola makan sehat dan benar, pola makan sehat untuk diet, pola makan sehat dan bergizi seimbang, pola makan sehat untuk remaja, gambar pola makan sehat, pola makan sehat pagi siang malam, artikel pola makan sehat, jadwal pola makan sehat,

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Dan Benar. Pola Makan Sehat adalah keseimbangan kandungan bergizi pada makanan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan beragam jenis kandungan lainnya.

Mengatur Pola Makan Sehat

Dan memang secara fisiologis nya hormon Di malam hari itu beda dengan hormon di siang hari, Kalau malam hari parasimpatiknya bekerja, kalau siang hari simpatik Maka disitu tadi saya sampaikan bahwa Allah sampaikan malam tuh Jadikan sebagai istirahat, yang di istirahatkan apa? organ, sistem, enzim Semua di istirahat kan yaa, makanya tadi saya katakan kalau kita ngerti pola-pola ini Maka nanti yaa tadi kan pagi-pagi itu kita makan sayur dan buah, Buah lah terutama yaa, gak usah banyak-banyak makan, nanti baru siang makan.

Sebelum makan siang atau makan beratnya kita makan buah dulu dan Begitulah Allah mengajarkan surah Al-Waqi'ah makan buah terlebih dulu, Jadi buah itu bukan buat cuci mulut yaa, dan emang enggak Pernah juga saya lihat ada orang cuci mulutnya pakai buah kan Gosok-gosok gak ada, jadi, jadi intinya makan buah.

Habis makan Buah anda makan apa? sebelum makan buah lebih baik anda minum dulu Minum air dulu... airnya diapain? airnya boleh anda tambahkan madu, Anda bisa tambahkan jeruk nipis atau mungkin air jahe Sebelum makan buah tadi, habis itu baru makan buahkan? Sudah kenyang belum? kalau udah kenyang Alhamdulilah banget kan? jadi enggak perlu Banyak makan yang lain. 

Jadi akhirnya kita membiasakan untuk tidak terlalu banyak makan Tapi sekali makan berkualitas kalau sudah dapat buah Anda boleh kita lanjutkan dengan makan sayur yaa, polanya kayak begitu kalau saya Nanti di situ ada sayur kalau memang butuh protein Silahkan pake protein dan protein terbaik yang ada di Indonesia namanya Tempe...... Kalau enggak dapet daging, tempe itu baik banget.

bahkan nanti Sekarang saya enggak ada demo nya, tadi di masjid di mana tadi Di TSM tadi tuh saya mendemokan bagaimana kita bisa bikin sambal (dimana) tempe yang kita makan pakai sambel, tempe nya mentah yaa Kan tempe kan protein, protein kalau digoreng dipanaskan kan Rusak sebagian besar rusak, jadi makan tempe tuh lebih baik mentah.

Enggak percaya aja, Baru tahu ya Pak? itu obat maag terbaik Pak, karena kan probiotik dia Fermentasi yaa, tempe nanti dibikin sandwich, namanya sandwich tempe, Tempenya dislice tipis, tengahnya kasih kurma, dimakan itu obat maag, itu sangat bagus untuk obat maag dan masalah pencernaan lainnya. 

Masalah besar dalam tubuh kita itu bisa selesai dengan makan kayak begitu Sebelumnya anda minum air jahe yaa, air jahe mungkin air madu Atau air jeruk nipis segala macam gitu itu, lalu anda makan tempe Itu luar biasa energinya itu, jadi nanti di cobain aja. Yaa apalagi tempe Itu saya yang ngulek sendiri tempe apa namanya? sambalnya, sambalnya Sederhana sekali isinya cuman bawang putih, sama cabe rawit, dikasih garam Kemudian dikasih kurma, kurma buat manisnya, pengganti gula Kan kita gak mau makan gula lagi, Kenapa? anda sudah cukup manis Tanpa gula. 

Mengatur Waktu Makan Yang Tepat 

Kenapa sekarang banyak orang gemuk? banyak makan, terutama makan malam, jadi ibu-ibu kalau anda pengen sehat maka kurangilah/stop lah makan malam. Jadi hidup di dunia ini kita itu sudah tidak lain tidak bukan seperti awal sampai kan dalam Al-quran wa ma khalaqtul jinna wal insa illa liya'budun ' hidupnya kita itu untuk beribadah yaa, untuk ibadah itu ya ada dua sebenarnya perannya kita jadi kita hidup di dunia ini perannya fungsinya dua kalau enggak ibadah dan khalifah, jadi Allah sampaikan di dalam Al-Qur'an Kami ciptakan manusia sebagai khalifah dan Abdullah kan gitu, dan untuk menjadikan atau untuk melakukan dua fungsi atau peran tadi bersedia maka dia harus sehat yaa, dia harus sehat.

Jadi kalau ada manusia nggak sehat maka ada hal-hal yang dia langgar dalam sesuatu yang berhubungan dengan Al-Qur'an ataupun petunjuk Nabi Salallahu'alaihi wasallam pasti dilanggar, waktunya tidur, tidur. Waktunya makan, makan. 

Ya waktunya Katakanlah ngurus keluarga yaa ngurus keluarga itu semua sudah jelas Allah sudah sampaikan dengan amat sangat jelas dalam, dalam Al-qur'an dan dijelaskan, yang lebih detail oleh Nabi Shalallahu'alaihi wasalam ya makanya contoh aja, misalkan kita bicara tentang olahraga.... olahraga itu secara fisiologis nya tidak cocok malam-malam, kenapa tidak cocok? karena ini kan tumbuhan, tumbuhan ini ketika dia kena sinar matahari pagi pagi dia Dapat oksigen dengan muncul oksigen atau terbentuk oksigen dari situ kan ada glukosa juga, itu tumbuhan ketika dia ketika orang yang makan tumbuhan ini ya, dalam kondisi pagi siang seperti ini maka dia akan mendapatkan oksigen tadi, dan malam karena nggak ada matahari lagi maka tumbuhan ini akan mengeluarkan CO2 dan pelajaran kita dulu ya. 

Jadi malam itu kalau kita malah olahraga nggak cocok karena tumbuhan justru malah mengeluarkan CO2 (karbon dioksida), jadi malam itu buat ngapain? buat berjuang... Bersama suami Buat berjuang bersama suami yaa, dan Allah sampaikan dalam Al-Qur'an waj'alna Laila libasa Kata Allah dan kami jadikan malam sebagai istirahat maka malam jangan banyak aktivitas jangan banyak makan ya... 

Kenapa sekarang banyak orang gemuk? banyak makan, terutama makan malam, Jadi ibu-ibu kalau anda pengen sehat maka kurangilah atau stop lah makan malam. malam gak usah banyak makan, karena malam itu toko mau tutup, maksudnya gini kalau anda perhatikan ibu-ibu sekalian kalau anda lihat toko yaa, toko itu kan bukan toko sih, restoran. 

Restoran itu kan kalau malam sebelum mau tutup dia kan cleaning dulu tuh biasanya kalo restorannya, ada SOP yang baik dia kan bersih-bersih restoran tubuh kita tuh juga sama. Malam mau tidur ya, sebenernya udah disiapin ketika tandanya apa tandanya matahari yang tenggelam, matahari tenggelam maka otomatis Terjadi perubahan atau pengalihan hormon dari hormon simpatik ke parasimpatik. 

Simpatik itu hormon yang buat kerja lah, parasimpatik hormon rileks yaa, matahari tenggelam Allah Tunjukkan tanda-tandanya supaya apa? manusia istirahat, yaa, lalu dari situ ketika sudah mulai menurun apa hormon tadi sudah mulai switching sudah mulai tukar jadwal piketnya maka hormon-hormon yang rileks yang bekerja. Hormon-hormon rileks ini ibarat kata petugas kebersihannya kita. Oke? petugas kebersihannya kita dan saat itulah tubuh sudah istirahat. Jantung istirahat, perut istirahat, otak semua istirahat yaa, Sehingga apa tuh namanya Salah satu cara untuk menenangkan diri itu memang ada tidur, kalau takut tidurlah.

Pola Makan Membentuk Otot 

Pernah gak sih dulu, pertama kali ke gym kalian pengen membangun masa otot, punya badan bagus lalu kalian cari orang- orang yang di gym itu, lalu tanya gimana sih pola makan yang bagus untuk membentuk masa otot? Gimana cara latihannya gitu? lalu banyak mereka menjawab kayak "Oh.. dek" "kamu harus makan dada ayam" "telur, jangan kuningnya" "lalu.. makan ikan boleh, banyak makan sayur" "kurangi karbohidrat, kek kurangi makan nasi" "banyak makan kentang" "jangan makan yang berminyak" "jangan makan lebih dari jam 6" "jangan lupa minum protein setelah latihan" dan masih ada yang lain.

Tapi, apa sih cara yang optimal untuk membentuk masa otot, pola makan yang optimal untuk membentuk otot Jadi, pola makan yang saya anjurkan untuk membentuk masa otot secara optimal adalah pola makan yang tinggi kadar karbohidrat, Kenapa? ibaratnya gini nih, kamu.. pengen bangun rumah ni kamu butuh bahan baku kamu butuh transport, kamu butuh pekerja ya gak? Jadi, kita anggap karbohidrat itu bahan bakunya nih kamu butuh banyak bahan baku untuk membangun sebuah rumah, itu sama seperti otot otot butuh banyak karbohidrat untuk dibentuk.

Kedua.. itu pekerja.. anggap aja pekerja ini protein kamu hanya butuh cukup pekerja untuk menyelesaikan rumah tersebut jika kamu punya banyak pekerja yaaa... kamu menyianyiakan pekerja yang lain dong... yang lainnya bakalan nganggur, banyak pekerja, banyak yang nganggur sisanya hanya terbuang saja gitu, sama seperti protein lalu.. yang ketiga itu lemak lemak ini kita anggap seperti transportasinya gitu. 

Dia yang bawa bahan baku dari toko, kita beli. lalu dia bawak ke rumah, tempat kita bangun tadi.. dia yang transportasinya gitu. jadi, kamu butuh juga lemak ini, kamu gk mungkin suruh pekerjanya ambil dari toko lalu jalan kaki untuk bangun rumah kan.. itu.. kasihan sih proteinnya. Apa sih contoh makanannya gitu? Apa sih makanan yang bisa saya makan? (Sigh~) sebenernya kalian bisa makan semuanya Tapi, saya anjurkan kalian untuk masak sendiri atau makan makanan di rumah itu lebih sehat. Jadi makanan yang biasanya saya makan tiap hari. itu... yang pastinya ada nasi.. nasinya banyak lalu, ada daging. antara itu daging sapi daging ikan ataupun daging ayam. itu biasanya... dimasak dengan minyak yang sedikit, jadi intinya kamu butuh makanan yang tinggi karbohidrat moderate protein, dan rendah lemak.

Pola Makan Sehat Untuk Diet

Makanan merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya obesitas. Ada beberapa jenis makanan sehari-hari yang bisa membuat tubuh cepat gemuk, nah .. buat kamu yang sedang melakukan program diet dan jika tidak bisa menghindar atau menguranginya ... inilah yang menyebabkan diet Anda gagal.

Jadi jika Anda ingin sukses dalam diet Anda harus mengontrol makanan yang Anda makan. Nah buat sobat yang sedang diet, berikut jenis makanan yang harus Kamu Hindari:

Gula

Gula mengandung kalori yang sangat tinggi. tinggi kalori dalam gula inilah yang bisa membuat anda gemuk, jadi sebisa mungkin kurangi makanan yang mengandung gula. Makanan manis bisa membuat diet Anda gagal.

Penggorengan

Gorengan ini sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. banyak orang sangat sulit lepas dari gorengan. Tahukah anda, gorengan memiliki kadar lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi -
yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol, dan stroke.
dan bonusnya? Timbangan naik, berat badan bertambah. So… Dalam program diet lebih baik Anda memilih jenis makanan yang direbus atau dibakar. Minyak jagung dan minyak kelapa juga bisa menjadi alternatif menggoreng makanan selama tidak digunakan berulang kali.

Keripik kentang

Keripik kentang memiliki kadar lemak dan garam yang tinggi, juga mengandung kalori yang tinggi. Sebagai gambaran, Jajanan yang rasanya gurih dan gurih ini ternyata berpeluang menjadi gemuk sangat tinggi 1 kantong keripik kentang ukuran sedang, mengandung 150-200 kalori. Sama halnya dengan makan 1 mangkok nasi ..... WOW

Nasi putih

Nasi putih dikenal sebagai sumber karbohidrat dan sumber gula yang dapat menggagalkan pola makan. Jadi Bagi Anda yang ingin ikut diet bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih kaya serat
yang membuat kenyang lebih lama dan nutrisi lain juga rendah gula dan jangan lupa kurangi porsi nasi jika ingin menurunkan berat badan.

Minum minuman soda

Ternyata minuman soda kemasan mengandung kalori yang tinggi tanpa tingkat gizi seimbang juga mengandung gula tingkat tinggi. Oleh karena itu, minuman soda kemasan tidak disarankan bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Jika ingin menurunkan berat badan, lebih baik konsumsi air mineral. 

Biskuit dan kue

Susah rasanya jika saat makan biskuit hanya 1 buah atau dipotong-potong. pastinya mau lagi ya Apalagi jika biskuit atau kuenya adalah favoritmu. Apakah tepat? Anda harus waspada, karena selain kaya lemak jenuh dan lemak trans. Biskuit dan Kue mengandung gula tinggi, lemak dan kalori tinggi
yang dapat mempercepat penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh termasuk perut, lengan dan paha. Bagi yang sedang berdiet hindari makanan tersebut, karena dapat mengganggu pola makan Anda.

Mie Istan

Buat kamu yang suka lapar tengah malam, malas atau tidak bisa masak, mie instan jawabnya. Anda pasti sudah tahu kalau mie instan mengandung kalori dan sodium atau garam yang tinggi. Jadi mie instan juga akan merusak program diet Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Dalam satu bungkus mie instan sebanyak 70 mengandung 370 kalori. Sedangkan nasi putih dengan berat yang sama hanya mengandung 91 kalori. Apalagi kebiasaan kita ... makan mie instan sebagai lauk dengan nasi putih. Wah .. Bisa hitung sendiri berapa kalorinya.? Pasalnya, kandungan kalori mi instan lebih dari tiga kali lipat nasi. pastinya mie instan lebih cepat membuat tubuh gemuk.

Es krim

Semua orang hampir menyukai makanan jenis ini, rasanya enak sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. es krim banyak mengandung gula, tinggi kalori dan lemak. Makan sedikit es krim diperbolehkan, tetapi sulit untuk mengkonsumsi es krim dalam jumlah sedikit, ini dia bahayanya buat kamu yang sedang diet.

Makanan cepat saji

kita sekarang hidup di masa sekarang junk food sepertinya menjadi makanan rutin kita Padahal Junk food adalah pola makan rendah gizi, mengandung lemak jahat, lemak trans, pengawet, bumbu, garam tinggi dan kalori tinggi.

Jadi junk food bisa menggagalkan upaya penurunan berat badan. Berhasil menurunkan berat badan membutuhkan kombinasi diet yang baik, asupan cairan, gaya hidup yang baik seperti ...... olahraga, istirahat yang cukup, dan manajemen stres yang efektif. Selain itu Komitmen dan disiplin merupakan aspek penting yang harus dijaga untuk mencapai bobot yang diinginkan. Semoga Anda bisa sukses menjalankannya secara natural dan pola makan sehat serta mendapatkan berat badan ideal.

Pola Makan Sehat Ibu Hamil

Pola makan bagi ibu hamil menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan bagi si calon ibu agar tidak mengalami masalah kesehatan. ibu hamil harus bisa menjaga pola makannya tentunya tidak ingin mengalami kenaikan berat badan atau kekurangan berat badan saat hamil maupun setelah melahirkan. menu makanan yang baik bergizi seimbang yang dibutuhkan sang ibu dan calon buah hati seperti buah sayur segar, lalu kandungan nutrisi seperti vitamin,karbohidrat untuk memberikan tenaga bagi tubuh, kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi, asam folat membantu memproduksi darah dan protein bagi ibu dan bayinya, serat untuk pencernaan yang baik, zat besi untuk memproduksi sel darah merah agar tidak mengalami anemia, dan yang terpenting hindari makanan cepat saji apalagi junk food.


Oke itulah sedikit Cara Mengatur Pola Makan Sehat Dan Benar semoga bisa dipahami untuk teman teman semua. Mungkin segitu cukup semoga bisa bermanfaat ya dan saya akhiri Semoga Allah kumpulan kita lagi nanti di surganya, surga firdaus Tanpa hisab dan tutup aja dengan Assalamualaikum warahmatullah barakatuh. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel