Cara Mengatur Daftar Isi dengan Ruler Tab

Dalam sebuah tulisan, baik buku ataupun karya ilmiah berupa makalah, keberadaan halaman judul menjadi penting karena ini menunjukkan pada halaman mana suatu materi dijabarkan. Ketika Anda membuat makalah atau buku yang memiliki daftar isi, penggunaan software Ms Word menjadi hal umum dan banyak digunakan masyarakat. Ketika Anda membuat daftar isi, kebanyakan masih manual dengan tab dan titik. Untuk itu, kali ini akan dibahas bagaimana cara mengatur daftar isi secara otomatis.

cara membuat daftar isi di word 2007,cara membuat daftar isi di word 2013,cara membuat daftar isi word 2010,cara membuat halaman,cara membuat titik-titik otomatis pada daftar isi,
Baca juga : Gaji 2 juta

Daftar isi adalah bagian penting yang menunjukkan posisi suatu chapter dalam buku atau makalah yang ditandai dengan nomor halaman. Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan sehubungan dengan menata daftar isi secara otomatis. Anda tidak perlu lagi menggunakan cara manual tab dan titik banyak. Untuk lebih jelasnya bagaimana mengatur daftar isi, berikut adalah langkah yang bisa Anda ikuti:
  • Cara mengatur daftar isi yang pertama dengan mengatur ruler. Caranya, double klik pada ruler, akan muncul tanda seperti huruf L bentuknya kecil. Bersamaan dengan tanda seperti L tersebut, akan ada kotak dialog dimana Anda bisa mengatur ruler tersebut.
  • Pada L pertama ini pilih “left” dan angka yang ada titik-titiknya. Selanjutnya Anda lakukan hal yang sama dan atur untuk posisi “right”. Untuk angka, pilih sana “none”.
  • Selanjutnya cara mengatur daftar isi adalah dengan memposisikan kedua simbol tab atau L tersebut pada sisi kanan. Simbol L berfungsi untuk membatasi dan menetapkan posisi titik-titik dan nomor halaman pada daftar isi.
  • Titik-titik ini yang menghubungkan judul atau bagian dalam makalah atau buku yang akan Anda beri nomor halamannya.
  • Selanjutnya cara mengatur daftar isi bisa dilakukan dengan semi manual. Setelah membuat judul dan halaman judul beserta titik-titik penghubung, Anda bisa tekan enter lalu tulis bagian chapter kedua yang ingin Anda beri nomor halaman.
  • Kemudian buat titik-titik secara manual hingga menyentuh batas tanda L sebelah kiri. Untuk mengecek supaya tidak terlewat, Anda bisa menggunakan tobol “TAB” pada keyboard. Selanjutnya Anda tulis nomor halaman pada tanda L sebelah kanan.
Tanda L baik di sisi kiri dan kanan berfungsi untuk memberikan batasan akhir titik-titik dan nomor halaman pada daftar isi. Jika Anda menulis buku dengan banyak halaman dan chapter, tidak perlu khawatir. Penggunaan ruler bertanda L ini sangat membantu mengatur jarak. Untuk judul chapter yang panjang, Anda hanya tinggal menyesuaikan panjang titik-titiknya saja. Itulah langkah singkat cara mengatur daftar isi menggunakan bantuan ruler dan tanda L atau tab yang bisa Anda lakukan. Dengan cara ini Anda bisa meminimalisir penyusunan daftar isi secara manual dan tradisional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel