Cara Mengatur Layar Monitor Supaya Nyaman Digunakan

Monitor adalah salah satu bagian penting pada komputer dan laptop. Bagian ini menyajikan visualisasi semua hal yang diproses melalui mesin komputer. Ada banyak jenis monitor tergantung dari merk produsennya. Hal ini juga berpengaruh pada bagaimana cara mengatur layar monitor melalui tombol yang ada pada monitor. Lebih spesifiknya, monitor yang kita bahas adalah monitor komputer dan bukan laptop. Ukuran monitor sendiri bermacam-macam ada yang 14inch dan sebagainya.

Cara Mengubah Tampilan Monitor Menjadi Nyaman

Ada beberapa hal yang bisa Anda atur pada layar monitor, diantaranya display, brightness, contrast, dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara mengatur layar monitor dan apa saja yang bisa Anda lakukan, berikut detailnya:

1. Mengatur resolusi monitor

Fungsi resolusi monitor adalah untuk memanjakan mata supaya kejernihan tampilan menjadi lebih enak dilihat. Caranya adalah dengan klik kanan pada mouse, lalu pilih “screen resolution”. Selanjutnya pada tampilan display, pilih “mobile PC display” lalu atur dan pilih resolusi 1366 x 768. Sedangkan pada orientasi, pilihlah “landscape”. Terakhir, klik pada bagian kanan bawah, tulisan “apply” atau OK.

2. Mengatur brightness monitor

Brightness bagi sebagian orang sangat penting. Hal ini karena pandangan orang berbeda, ada yang suka dengan tingkat kecerahan tinggi dan ada yang lebih nyaman dengan kecerahan rendah agar tidak silau. Cara mengatur layar monitor untuk brightness adalah dengan klik menu start, kemudian ketik pada seacrh: “adjust screen brightness”. Pada tampilan selanjutnya Anda akan menemukan setingan yang dibagian bawah terdapat panel yang bisa Anda atur bertuliskan “screen brightness”. Aturlah sendiri berapa tingkat kecerahan yang Anda inginkan.

3. Mengembalikan tampilan layar monitor yang mengecil

Cara mengatur layar monitor dan mengembalikan ke ukuran tampilan normal cukup penting. Hal ini karena ukuran yang terlalu besar atau kecil kurang nyaman dilihat. Cara mengembalikan tampilan monitor menjadi normal dengan cara klik kanan pada mouse, lalu pilih menu “screen resolution”. Selanjutnya akan muncul tampilan untuk mengatur ukuran layar. Klik pada tulisan “display” lalu pilih “mobile PC display”. Aturlah “resolution” pada 1366 x 768. Lalu, atur juga orientation menjadi “landscape”. Jika sudah selesai mengatur semua tampilan sesuai yang Anda inginkan. Klik “apply” pada bagian bawah. Selesai.
Itulah sedikit langkah bagaimana cara mengatur layar monitor. Masih ada banyak hal yang bisa Anda setting pada layar monitor Anda. Misalnya penggunaan screen saver untuk menghemat konsumsi listrik, kemudian auto lock atau sleep setelah tidak digunakan dalam beberapa menit, dan sebagainya. Tampilan layar monitor juga dipengaruhi oleh VGA card Anda. Beberapa kasus terjadi VGA card kotor. Anda hanya perlu membersihkan saja dengan sikat atau dilap dengan tissue.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel