Cara Setting Router TP Link Speedy Agar Terhubung Dengan Internet

Modem TP Link dari Telkom Speedy menjadi salah satu modem yang paling banyak peminatnya. Modem ini mampu memberikan akses internet dengan kecepatan yang sangat memuaskan. Untuk dapat menggunakan modem ini, maka kita harus melakukan setting atau pengaturan terlebih dahulu. Dengan pengaturan ini maka modem dapat terhubung pada jaringan internet. Pengaturan tersebut dapat dilakukan dengan cara setting router TP Link Speedy seperti berikut ini: 

 
cara setting modem speedy indihome,cara setting modem speedy tp link td-w8961n,cara setting modem speedy tp link wireless n adsl2+,cara setting modem speedy zte,cara setting wifi speedy tp-link,
Baca juga : Router TP Link
  • Menghubungkan modem pada komputer atau laptop

Cara setting modem TP Link diawali dengan menghubungkan modem pada komputer atau laptop. Kabel UTP digunakan untuk menghubungkan modem tersebut. Selanjutnya pasang line telpon atau konektor ADSL pada modem yang diikuti dengan pemasangan kabel power. Lalu hidupkan modem tersebut. Pengaturan modem TP Link ini berbeda dengan cara setting modem Speedy ZTE. Untuk pengaturan ini IP yang digunakan adalah 192.168.1.2 yang sedikit berbeda dengan IP default-nya yaitu 192.168.1.1.
  • Melakukan login

Cara setting router TP Link Speedy dilanjutkan dengan membuka dan menjalankan browser pada PC atau laptop. Pada kolom URL, ketikkan IP address 192.168.1.1 yang merupakan IP default, lalu tekan enter. Selanjutnya akan muncul halaman untuk melakukan login. Isikan User name dengan ‘admin’ dan password dengan ‘admin’ juga. Kemudian klik ‘OK’. Dengan cara ini maka halaman untuk melakukan pengaturan dasar modem dapat terbuka.
  • Melakukan pengisian data

Setelah halaman untuk melakukan pengaturan dasar modem terbuka, lakukan klik pada ‘Interface Setup’ dan mengklik ‘internet’. Cara setting modem Speedy TP Link agar cepat dilanjutkan dengan mengisi beberapa data. Pada Virtual Cirkuit, isikan PVC. Pada IP address, isikan 192.168.1.1. Pada IP Subnet Mask, isikan 255.255.255.0. Pada Dinamic route, isikan RIP2-B. Pada Drection, isikan None. Pada Multcast, isikan Disable. Pada ICMP Scoop, isikan Disable. Pada DHCP, isikan enable. Pada Starting IP, isikan 192.168.1.2. Pada Pool Count, isikan 50.
  • Melakukan pengaturan Access Point

Langkah selanjutnya adalah masuk pada menu ‘LAN’ dan kemudian ke ‘Wireless’. Lakukan pengisian data untuk beberapa kolom dengan benar. Pada kolom Access Point, isikan Activated. Pada Channel, isikan Indonesia. Pada Broadcast SSID, isikan Yes. Pada SSID, isikan dengan APN yang diinginkan. Sedangkan untuk data-data yang lain, biarkan dalam keadaan default. Akhiri pengaturan ini dengan mengklik ‘Save’.
Cara setting router TP Link Speedy terkadang tidak langsung membawa keberhasilan. Karena setelah di coba ternyata koneksi internet tidak bisa didapatkan. Jika hal itu terjadi, lakukan pengaturan atau setting dari awal lagi. Lakukan dengan cermat dan periksa dulu data-data yang diisikan sebelum disimpan. Kesalahan dalam pengisian data mungkin saja terjadi, yang dapat menyebabkan proses setting tidak akan berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel