Cara Mengatur APN Telkomsel Pada Beberapa Merk Smartphone

Jika sebuah perangkat tidak dapat terkoneksi dengan jaringan internet sehingga tidak bisa melakukan browsing, maka pengaturan APN diperlukan untuk troubleshooting. Pengaturan APN atau Access Point Name ini terkadang berbeda-beda untuk masing-masing perangkat, walaupun semua perangkat tersebut menggunakan layanan operator yang sama. Cara mengatur APN Telkomsel untuk beberapa merk smartphone dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini : 

apn telkomsel 4g,apn telkomsel flash,apn telkomsel tercepat,cara setting apn telkomsel biar cepat,cara setting apn telkomsel di android,setting apn telkomsel 3g,setting apn telkomsel modem,
Baca juga : Kecerahan Laptop
  • Samsung

Untuk dapat melakukan pengaturan APN Telkomsel pada sebuah smartphone Samsung, masuklah ke dalam menu ‘Pengaturan’. Selanjutnya pilih ‘Jaringan lainnya’ dan lanjutkan dengan memilih ‘Jaringan selular’. Langkah berikutnya adalah memilih ‘Telkomsel GPRS WEB’, lalu pilih ‘New APN Setting’. Untuk mengisi APN, ketik Internet pada kolom yang disediakan. Sedangkan untuk User Name dan Password tidak perlu diisi, biarkan tetap dikosongkan.
  • Apple iOS

Walaupun perangkat smartphone dapat melakukan setting APN secara otomatis, tetapi setting manual APN Telkomsel terkadang diperlukan. Pada perangkat Apple dengan sistem operasi iOS, pengaturan ini dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan restart perangkat. Setelah itu masuk ke menu ‘Setting’. Lanjutkan dengan memilih ‘Cellular’. Kemudian pilih ‘Cellular Data Option’ dan ‘Cellular Data Network’. Terakhir isikan kolom APN dengan Internet.
  • Lenovo

Cara mengatur APN Telkomsel pada smartphone Lenovo diawali dengan melakukan restart terhadap perangkat. Tunggu hingga perangkat kembali menyala dan siap untuk dioperasikan. Jika sudah siap, maka pengaturan APN dimulai dengan masuk ke menu ‘Setting’ dan pilih ‘More’. Kemudian pilihlah ‘Cellular Networks’ untuk kemudian memilih ‘Access Point Name’. Disini kita bisa memilih ‘Tsel Broadband’ untuk kemudian mengisi kolom dari APN dengan Internet.
  • Nokia

Pengaturan APN pada smartphone tentu berbeda dengan setting APN Telkomsel modem. Untuk Smartphone Nokia, pengaturan ini dapat dilakukan dengan terlebih dulu memasuki menu ‘Pengaturan’. Dalam menu ini kita dapat memilih ‘Mobile+SIM’ yang dilanjutkan dengan memilih ‘Pengaturan SIM’. Kemudian pilih ‘Tambah Internet APN’. Isilah kolom APN dengan Internet dan akhiri dengan memilih ‘Simpan’.
  • ASUS

Pengaturan APN yang terakhir akan dilakukan pada smartphone ASUS. Untuk mengawalinya lakukan restart dan tunggu hingga smartphone menyala dan siap. Kemudian masuklah ke dalam menu ‘Pengaturan’. Disini kita harus memilih ‘Lainnya’ yang dilanjutkan dengan memilih ‘Jaringan selular’. Pilih juga ‘Access Point Names’ yang diikuti dengan ‘Tsel Broadband’. Kolom APN harus diisi dengan Internet.
Cara mengatur APN Telkomsel berbeda-beda sesuai dengan merk dari masing-masing smartphone. Tetapi menu yang digunakan adalah sama, yaitu pada menu pengaturan atau setting. Selain itu kolom APN juga diisi dengan kata yang sama yaitu Internet. Pola ini akan berbeda jika kita melakukan pengaturan APN pada Blackberry. Perangkat ini menempatkan setting APN pada menu ‘Option’. Sedangkan kolom APN harus diisi dengan Blackberry.net.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel